Senin, 23 Januari 2012

KH. ASNAWI CERINGIN BANTEN INDONESI

Gus Dur Pun Mengaku Keturunan Banten

OPINI | 12 February 2011 | 01:48 331 6 2 dari 2 Kompasianer menilai menarik

1297450725688166293
KH Asnawi Caringin Banten
Kyai Banten tak pernah mengiblatkan diri terhadap kyai kyai dari Luar Banten, Mereka bangga dengan Ke-Bantenannya, karena ruh NU sendiri sebenarnya dari Banten, Gusdur sendiri pernah menyatakan bahwa beliau sangat terikat dengan Banten bahkan sempat mengatakan bahwa beliau masih keturunan Banten ini di maklumi karena kakeknya Kyai Hasyim As’ari pendiri NU adalah murid Syech Nawawi Albantani, dan Kyai Banten tak seperti kebanyakan Kyai di daerah lain yang ikut berkomentar atau terjun ke hiruk pikuk politik bangsa ini.
Buya Dimyati ( almarhum ) adalah salah satu contoh kyai yang tidak mau ikut dalam perpolitikan, walaupun berbagai partai politik melakukan pendekatan pendekatan baik secara halus maupun secara terang terangan, namun buya tetap dengan pendiriannya, bahkan mengomentari berbagai kasus pun beliau enggan. salah satu contoh Kyai yang mengedepankan persatuan umat. bahwa umat tak boleh di pecah pecah dalam kelompok kelompok yang akhirnya mengkerdilkan umat itu sendiri.
Kyai di banten adalah tokoh yang sangat di hormati, dan apa yang menjadi perintahnya seakan sabda yang harus dilaksanakan. dan dalam sejarahnya memang perlawanan terhadap Belanda di Banten tak lepas dari sepak terjang para kyainya. ada sebuah anekdot jika ingin di hargai masyarakat Banten dekati kyainya…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar