Selasa, 09 Februari 2016

Tokoh Muslim Afrika Selatan Telusuri Jejak "Sultan Banten"

SERANG - Sejumlah tokoh muslim dari Afrika Selatan melakukan kunjungan ke Provinsi Banten, dalam rangka menelusuri jejak perjalanan sejarah Syekh Yusuf atau Sultan Maulana Yusuf di wilayah ini.
Kunjungan delegasi dari muslim Afrika Selatan yang dipimpin Sheikh Iqhsaan Taliep Rektor International Peace College of Sout Africa tersebut, diterima Gubernur Banten Rano Karno dan sejumlah tokoh masyarakat setempat Pendopo Gubernur di Serang, Senin.
Hadir juga dalam pertemuan tersebut mendampingi Gubernur Banten Rano Karno, yaitu Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof Soleh Hidayat, Rektor IAIN Maulana Hasanudin Banten Prof Fauzul Iman, Perwakilan MUI Banten KH Zaenal Abidin Suja, tokoh masyarakat Banten H Embay Mulya Syarif dan Kepala Disbudpar Banten Alli Fadillah.
Sedangkan dari romongan perwakilam muslim Afrika juga dihadiri Sheikh Abduraghman Khan Muslim Judicial Council Dept Fatwa, Sheikh Omar Ghabier Dewan Penglihat Bulan Crescent observer council, Mr. Fatieg Behardien Ketua Rombongan Afsel, Mahmood Sanglay Journalist Koran Muslim "Muslim Views", Abduracman Dudung Konsul Jenderal RI di Cape Town di Afrika Selatan dan Riyadi Asirdin Konsul Ekonomi KJRI Cape Town.
Gubernur Banten Rano Karno menyambut baik kunjungan dari perwakilan keturunan Syeikh Yusuf di Afrika Selatan tersebut. Rano berharap kunjungan tersebut bisa berlanjut dalam upaya membangun hubungan silaturahim antara keturunan Syeikh Yusuf di Afrika Selatan dengan keturunan yang ada di Banten.
"Mereka melakukan kunjungan ini dalam rangka silaturahim dan mencari jejak Syeikh Yusuf di Banten. Mereka menyebutnya napak tilas perjuangan Syeikh Yusuf," kata Rano usai menerima kunjungan tersebut.
Menurutnya, Sheikh Yusuf atau Maulana Yusuf dikenal sebagai wali, ulama sufi yang berhasil menyebarkan agama Islam hingga daratan Afrika. Kunjungan tamu negara tersebut salah satunya juga bertujuan mencari situs-situs tentang Sheikh Yusuf di Banten.
"Mudah-mudahan kunjungan ini tidak hanya sekali saja. Kita berharap ada keberlanjutannya. Mereka juga rencananya akan berkunjung ke Makassar, karena sejarah mengenai Syeik Yusuf di Makassar juga hampir sama dengan di Banten," kata Rano.
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten M Ali Fadillah mengatakan, selain melakukan kunjungan ke Pendopo Gubernur Banten untuk bertemu dengan gubernur, perwakilan dari keturunan Syeikh Yusuf di Afrika Selatan juga melakukan kunjungan atau ziarah ke Banten Lama yakni ke kompleks pemakaman keluarga Kesultanan Maulana Hasanudin dan Maulana Yusuf di Banten.
"Kedatangan tokoh muslim masyarakat Afrika Selatan ini juga sebagai peluang kerja sama sektor pariwisata, khususnya wisata religi, sejarah, dan budaya. Kita bisa mengembangkan kawasan wisata Banten Lama dengan lebih baik, wisatwan dari Afrika Selatan bisa dipastikan banyak yang datang ke Banten," kata Ali Fadillah. (ant)
(amr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar